WARNING!

DON'T JUDGE MY POST. BECAUSE, MY OPINION: "I WILL WRITE WHAT I FEEL."

Rabu, 07 Agustus 2013

S5? DANGEROUS!!! [Sungguh Sangat Seram Sekali Sasaeng-fans]

"Mereka fanatik,
Mereka bertindak di luar akal sehat,
Cinta mereka terlalu berlebihan..."

Kalian tau kan, alasan kenapa akun twitter Kim Heechul di non-aktifkan? Menurut berita-berita yang beredar, dikarenakan sasaeng fans. Membicarakan akun twitter Heechul yang udah lama ditutup itu emang telat banget sih. Tapi disini gue bukan mau ngebahas tentang Heechul kok.

SASAENG FANS. Serem ya, merah semua teksnya. Udah gitu pake bold-capslock, plus gue warnain merah pula haha. Oke, bagi yang udah lama kenal dunia K-Pop pasti gak asing lagi sama istilah Sasaeng Fans. Berasal dari kata 'sasaenghwal' (privasi/private life) dan 'fans', kedua kata itu lalu disingkat jadi sasaeng aja. Arti sebenarnya dari sasaeng fans adalah mereka yang tidak ragu untuk menginvasi kehidupan pribadi selebritis yang menjadi idola mereka.

Interview of sasaeng fans.

Nah, diatas itu salah satu interview dari seorang sasaeng. Ohiya, tau Park Yoo-chun? Salah satu member JYJ/DBSK, dia pernah jadi korban atas kelakuan sasaeng. Doi diteror. Sang sasaeng ngirimin surat yang ditulis pake darah hasil siletan di pergelangan tangan atau mungkin pake darah menstruasi. Hoeeek... Gue sih merinding-_-

Sasaeng fans itu ngaku-ngaku sebagai seorang fans yang 'katanya' bener-bener sayang sama idolanya dan pengen banget idolanya kenal sama dia. Supaya tujuannya bisa tercapai, dia gak pernah berhenti ngikutin idolanya kemanapun idolanya pergi. Bahkan, sasaeng gak pernah segan buat menerobos masuk ke dalem apartemen sang selebritis tersebut.

Nih, ada beberapa fakta tentang sasaeng fans. Dapet info dari SJ for Indonesia, gomapta^^
  1. Sasaeng Fans adalah fans yang fanatik dan terobsesi dengan kehidupan pribadi artis idola mereka. Mungkin mereka tidak layak disebut fans, tapi penguntit.
  2. Mereka menguntit idola mereka nonstop 24/7 kemana pun! Biasanya mereka menguntit ke gedung agensi, backstage, salon, dorm, hingga ke restoran-restoran. [Backstage? Duh, gue sering nongkrong dibackstage SJ tiap sushow tuh]
  3. Banyak sasaeng fans yang putus sekolah demi mengejar kehidupan sehari-hari idola mereka. [Gimana mau ngejar Sungmin? Duit buat ke Korea aja gak punya T^T]
  4. Antara sasaeng fans dapat saling berkompetisi untuk mendapatkan informasi paling terbaru dan paling eksklusif seputar lokasi idola mereka saat itu juga.
  5. Sasaeng fans dapat melacak informasi mengenai nomor telepon, email, alamat rumah, kakao talk. Tidak susah bagi mereka untuk mencari online fan cafĂ© yang menjual nomor telepon dan informasi mengenai resident registration seorang idola. Sasaeng fans akan membayar sekitar 5000 won hingga 10000 won, tergantung popularitas idola mereka. [5000won itu kalo dikalkulasi ke nilai rupiah, sekitar 46rb. Berarti 10000won sama aja 92rb]
  6. Seorang sasaeng fans berusia 15th bernama Lee Ji-Sun, pada sebuah artikel JoongAng Ilbo mengatakan bahwa ia menghabiskan sekitar 1juta won/bulan untuk mengikuti idolanya dengan jasa special sasaeng taxis. [Bytheway, 1juta won kalo di kalkulasi ke nilai rupiah jadi... Bentar gue itung dulu... 9.204.856,74! Ya, kurang lebih 9juta rupiah lah-_- Ngeluarin uang segitu banyak pertahunnya? Duhileh, mendingan duitnya buat gue terbang ke Korea deh. Bisa buat pulang-pergi plus belanja disono malah tuh]
  7. Sasaeng taxi's biasanya berada disekitar agensi entertaimen, concert halls, dan salon kecantikan tempat grup idola beserta sasaeng fans berkumpul.
  8. Sopir sasaeng taxi ini menyetir dengan kecepatan tinggi sebagai servis untuk pelanggannya saat mengikuti sang idola, bahkan mereka memberi, tepatnya menjual kartu nama berisi data pribadi dari sang idola.
  9. Reporter Korea JoongAng Daily saat mewawancarai seorang sopir sasaeng taxi, sopir itu mengatakan ia dibayar 150000 won selama 3jam! Itu adalah harga yang masuk akal, karena dia harus mempertaruhkan nyawanya dengan menyetir dengan kecepatan tinggi.
  10. Untuk sasaeng fans yang tidak mampu membayar sopir taxi, mereka akan mengorek informasi sendiri disekitar dorm idola lalu menulisnya di Twitter, Facebook, atau Cyworld.
  11. Ada pula sasaeng fans yang membajak akun twitter, seperti yang pernah dialami Xia Junsu dan Choi Siwon. Sampai-sampai Xia Junsu mengganti akun twitternya, dan Siwon menulis di twitternya:  "Sesungguhnya mencintai seseorang adalah memahami dan menyayangi mereka, tidak menyerang privasi mereka, mengintai, atau menyebarkan rumor tidak berdasar tentang mereka. Tolong, hormati privasi saya dan berhenti membajak saya."
  12. Ada pula sasaeng fans yang menuliskan 'Surat Darah' untuk idola mereka:

'Surat Darah' dari sasaeng fans.

Untuk agensi SM Entertaiment sendiri sudah memasang placard dalam berbagai bahasa, tentang larangan untuk mengambil foto artis SM disekitar gedung:
Keliatan kan tulisannya? SM Entertaiment membuatnya dalam beberapa bahasa.

Gue sedikit mau mengulas... Tanggal 9 Juli 2012, sekitar 30 menit sebelum hari ulangtahunnya, Kim Heechul menulis tweet yang sangat mengejutkan tentang sasaeng fans:


Kemudian Heechul menutup akun twitternya. Mungkin ini adalah puncak emosi Heechul terhadap ulah sasaeng fans yang sangat tidak masuk akal. Nah, bayangin aja! Heechul yang notabene-nya seorang artis yang merangkap sebagai seorang netizen pun sampai menutup akun twitternya. Berartikan sasaeng itu udah kebangetan! TER-LA-LU.


Kyuhyun, si magnae upil epil juga punya cerita. Doi pernah liat sasaeng fans yang nungguin doi sampe larut malam di dorm SJ dan doi ngira kalo sasaeng fans itu adalah hantu. Duhileh, plisss-_- Gue gak tau, apa emang dasarnya dia terlalu polossebagai seorang magnae atau mungkin efek kebanyakan pegang gadget sehingga dirinya mengalami radiasi dari gelombang yang dihasilkan oleh setiap gadget yang ia pegang. Oke, bahasa gue... Pen muntah bacanya;3

Yaudah, segitu aja yang bisa gue share. Pesan moralnya sih... Cieeelah pesan moral BHAKKK=))) Eh serius nih, pesan moral dari gue sih simpel aja. Menjadi seorang fans itu gak salah, tapi ia akan menjadi sangat salah apabila hal yang dilakukannya itu udah bener-bener fatal, merugikan idolanya macem sasaeng fans ini nih. Kalo ngefans yaaa yang sewajarnya ajalah, kayak gue HUAHAHA... Gue sih melototin layar laptop, buka tab banyak, nyari-nyari info tentang bias gue di Twitter-Facebook-dan segala macem website, dengerin musik, mention-mention bias gue di twitter sekalipun itu gak jelas, menurut gue itu udah cukup. Di tambah lagi kalo gue bisa nonton sushow+terbang ke Korea... Bahhh, pas udah. Bahagia bet idup gue kalo begitu T^T Eh, ini sih namanya kagak simpel yeee? Haha, mian miaaan ^^v

2 komentar:

Nur Zahirah Hazwani mengatakan...

Thanks ya!

Unknown mengatakan...

Urwell=)))
Terimakasih sudah berkunjung.